Wednesday, February 7, 2018

RPP K13 Kelas IV Semester 2 Tema 6 Subtema 3

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Satuan Pendidikan
:
Sekolah Dasar
Kelas / Semester
:
IV / 2
Tema 6
:
Cita-Citaku
Subtema 3
:
Giat Berusaha Meraih Cita-Citaku
Pembelajaran
:
1
Alokasi Waktu
:
1 x Pertemuan (6 x 35 menit)

A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia
3.6       Menggali isi dan amanat puisi yang disajikan secara lisan dan tulis dengan tujuan untuk kesenangan.  
4.6       Menuliskan puisi karya pribadi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat sebagai bentuk ungkapan diri.
Indikator :
-          Menjelaskan isi puisi yang disajikan secara tertulis  
-          Membaca puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi dengan benar.
IPA
Kompetensi Dasar (KD)
3.2       Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta mengaitkan dengan upaya pelestariannya.  
4.2       Membuat skema siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup yang ada di lingkungan sekitarnya dan slogan upaya pelestariannya.
Indikator :
-          Membedakan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup
-          Mendiskusikan membuat poster tentang pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN:
-            Melalui kegiatan berlatih membaca puisi, siswa mampu mendeklamasikan puisi dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang benar.
-            Melalui kegiatan membuat poster siswa mengetahui pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan sekitan dengan tepat.

D.     MATERI PEMBELAJARAN
-            Sungai Pesanggrahan dulu dan sekarang
-            Si Pendekar Kali Pesanggrahan
-            Puisi “Penjaga Alamku”
-            Deklamasi Puisi
-            Sumber Daya Alam

E.     METODE PEMBELAJARAN
-          Pendekatan        : Saintifik
-          Metode               :  Diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.      KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.    Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, kondisi kesehatan mereka, dan mengkondisikan kelas agar siap untuk belajar. Mengingatkan siswa untuk selalu bersyukur atas segala nikmat Tuhan YME.
2.    Salah satu siswa diminta untuk memimpin do’a. (Menumbuhkan sikap religius siswa).
3.    Guru mengcek kehadiran siswa dengan mengisi datar hadir.
4.    Guru menyampaikan tema yang akan dipelajari, yaitu tema Cita-Citaku, Subtema 3, Pembelajaran 1 serta tahapan kegiatan yang akan dilakukan dalam proses KBM.
10 menit
Inti
1.      Siswa mengamati gambar yang disajikan dibuku siswa, Gambar tersebut menunjukan kondisi sungai di Jakarta. Guru memberikan pertanyaan pancingan: Apa yang kamu lihat pada gambar tersebut? Dapatkah kamu menemukan persamaan dan perbedaan? Mana gambar sungai yang kamu sukai?
2.      Siswa menceritakan pendapat kepada teman terkait dengan kondisi gambar Sungai Pesanggrahan dulu dan sekarang.
3.      Siswa membaca bacaan “Si Pendekar Kali Pesanggrahan” kemudian berdiskusi melengkapi diagram.
4.      Siswa menyimak puisi yang dibacakan oleh guru kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan. 
5.      Siswa menyimak penjelasan dari guru tentang deklamasi dan cara menentukan jeda pada puisi.
6.      Siswa membaca kembali dan mendeklamasikan puisi “Penjaga Alamku”
7.      Guru memberikan penjelasan tentang sumber daya alam yang harus dijaga agar lestari.
8.      Siswa berdiskusi membuat poster tentang pentingnya menjaga kelestarian makhluk hidup.
150 menit
Penutup
1.      Guru bersama dengan siswa bertanya jawab dan membuat kesimpulan tentang materi yang telah dipelajari.
2.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapat atau tanggapan terkait pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.      Guru melakukan penilaian hasil belajar.
4.      Guru menutup pembelajaran dan berdo’a bersama siswa.
15 menit

G.     SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
-          Buku Pedoman Guru Tema : Cita-Citaku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
-          Buku Siswa Tema : Cita-Citaku Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
-          Buku teks, gambar-gambar contoh poster, contoh-contoh puisi, lingkungan sekitar.

 H.     PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
 1. IPA KD 3.2 Menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk hidup yang ada disekitar kita.
    
Bentuk Penilaian
:
Tertulis  
Tujuan Penilaian
:
Mengukur kemampuan siswa dalam menjelaskan pelestarian alam.

     Pertanyaan :
a.         Bagaiman manusia dan makhluk hidup lainnya memanfaatkan sumber daya alam tersebut?
b.        Mengapa sumber daya alam tersebut harus dilestarikan?
c.         Akibat apa saja yang akan timbul jika sumber daya alam tersebut tidak dilestarikan?

No
Urut
Nama Siswa
Deskripsi
Kejelasan jawaban yang diberikan oleh siswa
Siswa menyebutkan lebih dari dua usaha yang harus dilakukan
Jawaban siswa masuk akal dan mungkin untuk dilakukan
1
Agis



2
Angga



Dst.





2. Bahasa Indonesia KD 3.6 dan 4.6 Mendeklamaikan Puisi  
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
4
3
2
1
Mimik Muka




Intonasi




Pengeuasaan Materi Puisi





3. IPA KD 4.2 Membuat Poster Tentang Pentingnya Pelestarian Makhluk Hidup.
Bentuk Penilaian
:
Praktik
Tujuan Penilaian
:
Mengukur keterampilan dan dan kemampuan siswa membuat poster tentang pentingnya pelestarian makhluk hidup bagi lingkungan sekitar.
Kriteria
Sangat Baik
Baik
Cukup
Perlu Pendampingan
4
3
2
1
Isi Poster




Keterbacaan Poster




Kelengkapan Informasi Poster 





4.   Penilaian sikap
No
Sikap
Belum terlihat
Mulai terlihat
Mulai ber-kembang
Membu-daya
Ket
1
Teliti





2
Bertanggung jawab








..................., ....   ...................... 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah

Guru Kelas 




...................................................
NIP.                                           












.............................................
            NIP


LAMPIRAN
JAWABAN & PEDOMAN PTS GENAP KURIKULUM 2013
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
KELAS IV TEMA 6: CITA-CITAKU

KELAS IV TEMA 6
KD
No. Soal
Pedoman Jawaban
Skor Maks.
Nilai
IPA
3.2
1
Jawaban siswa bervariasi
1
NA = 3 x 100 : 3 = 100
2
1
3
1
Jumlah Skor
3

KELAS IV TEMA 6
KD
No. Soal
Pedoman Jawaban
Skor Maks.
Nilai
IPA
4.2
1
Sangat baik
4
NA = 10 x 100 : 10 = 100
2
Baik
3
3
Cukup
2
4
Perlu pendampingan
1
Jumlah Skor
10

KELAS IV TEMA 6
KD
No. Soal
Pedoman Jawaban
Skor Maks.
Nilai
BAHASA INDONESIA
3.6 dan 4.6
1
Sangat baik
4
NA = 10 x 100 : 10 = 100
2
Baik
3
3
Cukup
2
4
Perlu pendampingan
1
Jumlah Skor
10


MATERI DAN MEDIA GAMBAR PEMBELAJARAN 1

Amatilah gambar di atas dengan saksama!
Ceritakan pendapatmu tentang kondisi kedua sungai tersebut kepada teman
"Menurutmu, siapakah yang berperan untuk mengubah sungai tersebut?"


Si Pendekar Kali Pesanggrahan

Keinginan untuk kembali melihat Kali Pesanggrahan di Jakarta yang bersih, membuat H. Chaerudin atau yang dikenal dengan Bang Idin berpetualang menyisiri bantaran sungai tersebut. Kali Pesanggrahan yang dulunya tempat ia bermain air bersama temantemannya
telah berubah menjadi kali yang kotor, penuh sampah, berwarna hitam, dan bau. Dengan berbekal golok dan tekad yang besar, ia mulai menyusuri bantaran sungai itu untuk melihat tingkat kerusakannya. Ia pun mulai membersihkan sampah-sampah yang menutupi sungai tersebut. Banyak anggota masyarakat yang menentangnya karena dianggap sebagai perusuh. Kegiatannya banyak terhalang justru oleh masyarakat sekitar sungai yang tidak memahami tujuan kegiatannya. Akan tetapi, ia tidak marah. Baginya, untuk menyadarkan orang lain tidak perlu membalasnya dengan kekerasan. Ia melakukan berbagai cara untuk membuat masyarakat sekitar sungai sadar pentingnya merawat sungai sebagai sumber daya alam mereka.

Deklamasi merupakan salah satu cara membacakan puisi tanpa
menggunakan teks puisi. Biasanya, orang yang mendeklamasikan puisi
harus menghafalnya terlebih dahulu.
Membaca puisi memerlukan pelafalan yang jelas dan intonasi yang
tepat. Selain itu, pemenggalan kalimat juga harus diperhatikan. Dengan
demikian, puisi tersebut akan enak didengar dan mudah dipahami isinya.
Contoh menentukan jeda:
Kau // adalah / para penyelamat negeri //
Catatan:
1. / berhenti sebentar untuk bernapas, biasanya pada koma atau di tengah baris.
2. // berhenti agak lama/biasanya koma di akhir baris yang masih berhubungan dengan baris berikutnya.
3. /// berhenti lama sekali biasanya pada titik baris terakhir atau pada akhir puisi.


Indonesia memiliki berbagai sumber daya alam yang dapat memenuhi kebutuhan hidup seluruh warga penduduknya. Sumber daya alam hayati dan sumber daya alam mineral dalam berbagai rupa tersedia melimpah di Indonesia. Akan tetapi, tidak berarti sumber daya alam itu dapat dikuras habis untuk memenuhi kebutuhan manusia
Subtema 3: Giat Berusaha Meraih Cita-Cita 117
Sumber daya alam mineral merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Jenis sumber daya alam tersebut memerlukan Sumber daya alam hayati berupa tumbuhan dan hewan yang menjadi sumber makanan manusia. Selain itu, tumbuhan dan hewan berperan untuk menjaga keseimbangan alam. Bencana alam yang terjadi salah satunya karena keseimbangan alam terganggu. Banjir di Jakarta karena sungai-sungai yang tidak dipelihara, dan dijadikan tempat pembuangan sampah. Hal ini menyebabkan kerugian yang sangat besar. Baik bagi manusia maupun bagi makhluk hidup lainnya. Alam dan sumber daya alam memang harus dijaga agar lestari. Semua orang dapat melakukan sesuatu untuk menjaga dan memeliharanya. Jika alam rusak, manusia dan makhluk hidup lainnya akan kehilangan tempat tinggal dan sumber kehidupan. Oleh karenanya, manusia harus berusaha menjaganya. Salah satunya adalah dengan mengampanyekan usaha sederhana memelihara lingkungan melalui poster.















0 comments:

Post a Comment

 
Riki Novian Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template